Final Liga Champions Asia AFC Champions League 2016 Jeonbuk Hyundai Motors vs Al Ain
Tim asal Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors akan menghadapi wakil Uni Emirat Arab, Al Ain, di partai final Liga Champions Asia (AFC Champions League) 2016 yang akan berlangsung pada bulan November mendatang.

Jeonbuk Hyundai Motors melenggang ke final usai mengalahkan tim Korea Selatan lainnya, FC Seoul, di babak semifinal. Di babak semifinal leg kedua yang digelar pada Rabu (19/10) malam di Seoul World Cup Stadium, Seoul, Jeonbuk tumbang dengan skor tipis 1-2 dari FC Seoul. 

Jeonbuk Hyundai Motors (foto. fox sports)
Walau kalah di leg kedua, Jeonbuk Hyundai Motors tetap berhasil melaju ke babak final Liga Champions Asia 2016 lantaran di leg pertama Jeonbuk berhasil mengalahkan FC Seoul dengan skor telak 4-1 di kandang sendiri. Jeonbuk lolos ke final usai menang agregat 5-3 atas FC Seoul.

Perjalanan Jeonbuk Hyundai Motors menuju partai puncak Liga Champions Asia 2016 bisa dikatakan sangat fantastis. Di babak 16 besar atau babak perdelapan final, Jeonbuk sukses menyingkirkan wakil Australia, Melbourne Victory FC. Sementara di babak perempat final, kemenangan spektakuler 5-0 diraih Jeonbuk atas tim kaya raya Chinese Super League (CSL), Shanghai SIPG, di kandang lawan. Shanghai SIPG sendiri merupakan tim yang dilatih oleh pelatih kenamaan Sven-Goran Eriksson dan diperkuat beberapa pemain bintang seperti Hulk, Elkeson dan Dario Conca.

Hasil ini merupakan untuk ketiga kalinya Jeonbuk Hyundai Motors berhasil menembus partai final Liga Champions Asia. Sebelumnya, di tahun 2006 Jeonbuk juga berhasil masuk final dan keluar sebagai juara usai mengalahkan tim asal Suriah, Al Karamah, sedangkan di tahun 2011 Jeonbuk gagal menjuarai kejuaraan ini setelah kalah dari sang juara Al Sadd (Qatar).

Lawan Jeonbuk di partai final adalah tim asal jazirah Arab, Al Ain, yang di babak semifinal sukses menumbangkan wakil Qatar, Al Jaish dengan agregat sama 5-3. Di leg pertama di kandang sendiri, Al Ain meraih kemenangan 3-1 atas Al Jaish. Sedangkan dipertandingan semifinal leg kedua yang dilangsungkan di kandang Al Jaish pada Selasa (18/10) malam kemarin, kedua tim bermain imbang 2-2.

Sama seperti Jeonbuk, final ini juga untuk ketiga kalinya bagi Al Ain. Final pertama Al Ain terjadi pada tahun 2003 lalu, saat itu Al Ain tampil sebagai juara usai mengalahkan tim asal Thailand, BEC Terro Sasana. Sedangkan di tahun 2005, Al Ain dikalahkan Al Ittihad (Arab Saudi) di partai final.

Pertandingan final antara Jeonbuk Hyundai Motors kontra Al Ain nantinya akan digelar dengan dua leg atau menggunakan format kandang dan tandang (home & away).

Pada leg pertama, Jeonbuk Hyundai Motors berkesempatan menjadi tuan rumah terlebih dahulu dan akan menjamu Al Ain di Jeonju World Cup Stadium, Jeonju pada 19 November 2016.

Sedangkan untuk leg kedua, giliran Jeonbuk yang bertandang ke markas Al Ain dan pertandingan leg kedua akan dilangsungkan di Hazza Bin Zayed, Al Ain, pada Sabtu, 26 November 2016 mendatang.

Berikut Jadwal Pertandingan Final Liga Champions Asia 2016
  • Leg pertama
    Sabtu, 19 November 2016
    Jeonbuk Hyundai Motors vs Al Ain
    Venue: Jeonju World Cup Stadium, Jeonju, Korea Selatan
  • Leg kedua
    Sabtu, 26 November 2016
    Al Ain vs Jeonbuk Hyundai Motors
    Venue: Hazza Bin Zayed Stadium, Al Ain, Uni Emirat Arab
IDN SPORTS

IDN SPORTS

Portal Berita dan Informasi Seputar Olahraga Nasional dan Internasional

Post A Comment:

0 comments: