Kompetisi elit antar klub Eropa Liga Champions Eropa (UEFA Champions League) musim ini telah menyelesaikan babak fase grup yang berakhir pada Rabu (06/12) dan Kamis (07/12) dini hari tadi. 16 tim pun telah memastikan diri tampil di babak 16 besar.

Tim-tim asal Liga Inggris membuat kejutan dengan meloloskan lima wakil ke babak 16 besar, disusul Spanyol dengan tiga wakil, dua dari Italia.
UEFA Champions League 2017/2018
Dari Grup A, Manchester United tampil sebagai juara grup setelah berhasil mengemas poin 15 hasil lima kali menang dan sekali kalah. Sedangkan posisi runner-up ditempati wakil Swiss FC Basel dengan 12 poin.

Paris Saint Germain yang menelan kekalahan dari Bayern Muenchen dipertandingan terakhir fase grup, tetap berhak tampil sebagai juara Grup B, kendati sama-sama mengoleksi poin sama 15 setelah PSG unggul head to head atas Muenchen.

Persaingan sengit hingga penghujung fase grup tercipta di Grup C. Atletico Madrid harus mengubur impian mereka untuk lolos ke babak 16 besar setelah AS Roma meraih kemenangan tipis 1-0 atas Qarabag dilaga terakhir. Atletico sendiri dipertandingan terakhir bermain imbang dengan Chelsea.

Wakil Inggris tersebut harus puas diposisi runner-up grup. Meski memiliki poin sama 11 dengan AS Roma, namun Chelsea kalah head to head.

Dari Grup D, Barcelona tak tertahan dipuncak klasemen akhir dengan total poin 14, diikuti Juventus diposisi runner-up grup dengan poin 11.

Liverpool yang mencatatkan kemenangan telak 7-0 atas Spartak Moskow dilaga terakhir, keluar sebagai juara Grup E. Sedangkan posisi runner-up direbut wakil Spanyol Sevilla.

Wakil dari Grup F berhasil direbut Manchester City dan Shakhtar Donetsk. Meski menelan kekalahan dari Donetsk dilaga terakhir, City tetap berhak memimpin klasemen akhir Grup F dengan torehan poin 15. Sedangkan Donetsk diposisi kedua memiliki poin 12.

FC Porto baru berhasil memastikan tiket ke babak 16 besar dilaga terakhir fase grup. Porto berhak tampil di babak 16 besar setelah dilaga terakhir berhasil menumbangkan AS Monaco dengan skor telak 5-3. Sedangkan juara grup ditempati wakil Turki Beskitas.

Tottenham Hotspur yang memiliki rekor tak terkalahkan di fase grup, tampil sebagai juara Grup H dengan poin 16 hasil lima kali menang dan sekali seri. Sedangkan Real Madrid menempati posisi runner-up grup dengan poin 13.

Untuk undian (Drawing) babak 16 besar akan dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss, pada Senin, 11 Desember 2017.

Berikut Daftar Tim-tim Babak 16 Besar Liga Champions Eropa 2017/2018

Grup A: Manchester United dan FC Basel
Grup B: Paris Saint Germain dan Bayern Muenchen
Grup C: AS Roma dan Chelsea
Grup D: Barcelona dan Juventus
Grup E: Liverpool dan Sevilla
Grup F: Manchester City dan Shakhtar Donetsk
Grup G: Beskitas dan FC Porto
Grup H: Tottenham Hotspur dan Real Madrid

IDN SPORTS

IDN SPORTS

Portal Berita dan Informasi Seputar Olahraga Nasional dan Internasional

Post A Comment:

0 comments: