Hasil Pertandingan Real Madrid vs Barcelona 0-3 (El Clasico) Sabtu, 23 Desember 2017
Barcelona berhasil memenangi duel klasik kontra Real Madrid pada lanjutan Liga Spanyol (La Liga) di Pekan 17 yang berlangsung di Estadio Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (23/12) malam WIB. Duel bertajuk El Clasico edisi ke-237 tersebut, dimenangkan Barca dengan skor telak 3-0.
Luis Suarez mencetak gol pertama Barca (foto. Reuters)
Tuan rumah Real Madrid memulai laga dengan langsung bermain menyerang. Dua menit laga berjalan, umpan Casemiro berhasil diselesaikan menjadi gol oleh Ronaldo dengan sundulan. Namun, gol tersebut dianulir wasit lantaran sebelumnya Ronaldo telah berada dalam posisi offside.

Selepas itu, Madrid idak mengendurkan serangan dengan terus menggempur pertahanan Barcelona. Beberapa peluang pun sempat dimiliki Madrid diantaranya melalui Dani Carvajal di menit 5 dan Ronaldo di menit 11.

Barcelona yang tampil tertekan mencoba untuk keluar dari tekanan. Menit 30, Barca mendapat peluang emas melalui Paulinho. Menerima umpan Messi, Paulinho lepas dari kawalan dan tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Keylor Navas. Peluang Paulinho tersebut berhasil dipatahkan Navas.

Pertandingan pun berjalan semakin menarik setelah kedua tim sama-sama mencoba untuk tampil menyerang. Dua peluang didapat Ronaldo di menit 31 dan 37, namun belum mampu menembus gawang Barca.

Barcelona kembali mendapat peluang emas lewat Paulinho di menit 39. Lagi-lagi, peluang melalui sundulan tersebut berhasil diselamatkan Keylor Navas.

Dua menit berselang, giliran Madrid yang mendapat peluang emas setelah sundulan Benzema meneruskan umpan silang Marcelo menghajar tiang gawang.

Di babak kedua, giliran Barcelona yang tampil dominan. Terus menyerang, Barcelona akhirnya berhasil membuka keunggulan di menit 54. Berawal dari serangan yang dibangun dari tengah, Ivan Rakitic berhasil menggiring bola hingga depan kotak penalti Madrid, yang diteruskan dengan mengirimkan umpan ke Sergi Roberto di sisi kiri pertahanan Madrid. Sergi Roberto kemudian mengirim umpan silang yang kemudian diteruskan dengan sepakan kaki kiri terukur Luis Suarez yang gagal diselamatkan Keylor Navas. 1-0 Barca memimpin.

Unggul satu gol membuat permainan Barca semakin meningkat. Delapan menit berselang, kesalahan yang dilakukan Dani Carvajal yang dengan sengaja menahan bola sundulan Paulinho dengan tangan berbuah penalti untuk Barcelona. Selain itu, wasit juga mengganjar Carvajal dengan kartu merah.
Kesalahan Carvajal berbuah kartu merah dan penalti (foto. Sergio Perez/Reuters)
Lionel Messi yang maju sebagai algojo penalti, berhasil mengeksekusi penalti dengan baik setelah tendangannya gagal diselamatkan Navas. Skor 2-0 untuk Barca.

Tertinggal dua gol membuat pelatih Madrid Zinadine Zidane malakukan beberapa pergantian pemain. Keputusan tersebut membuat daya serang Madrid semakin tajam.

Beberapa kesempatan untuk mencetak gol sempat didapat Madrid, dua diantaranya melalui Gareth Bale yang masih mampu diantisipasi ter Stegen.

Di masa injury time, Madrid kembali kecolongan setelah pemain pengganti Aleix Vidal sukses memperdaya Keylor Navas setelah berhasil memanfaatkan umpan tarik Lionel Messi. Skor 3-0 untuk Barcelona pun akhirnya mengakhiri laga tersebut.

Tambahan tiga poin tersebut, membuat Barcelona kembali menjauh dari kejaran peringkat kedua. Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen dengan total poin 45. Berselisih sembilan angka dari peringkat kedua yang ditempati Atletico Madrid. Sementara Madrid, tertahan di peringkat 4 dengan 31 poin.

Susunan pemain

Real Madrid: Keylor Navas, Marcelo, Sergio Ramos, Raphael Varane, Daniel Carvajal, Casemiro (Marco Asensio 72'), Luka Modric, Mateo Kovacic (Gareth Bale 72'), Toni Kroos, Karim Benzema (Nacho Fernandez 66'), Cristiano Ronaldo 

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen, Jordi Alba, Thomas Vermaelen, Gerard Pique, Sergi Roberto (Aleix Vidal 90'), Ivan Rakitic, Paulinho (Andre Gomes 84'), Sergio Busquets, Andreas Iniesta (Nelson Semedo 77'), Luis Suarez, Lionel Messi

IDN SPORTS

IDN SPORTS

Portal Berita dan Informasi Seputar Olahraga Nasional dan Internasional

Post A Comment:

0 comments: